Stress, Pekerjaan, dan Trik Mengatasinya


Walau 'stress' hanya terdiri dari 6 huruf tak berdosa, ILO (organisasi pekerja se-dunia) membuktikan bahwa 'stress' kini telah menjadi semacam penyakit epidemi yang melanda dunia. Laporan berjudul 'Stress kerja : Penyakit Abad 20' ini menunjukkan bahwa di USA ajah nih yah (belum lagi Indonesia), biaya yang dikeluarkan akibat '6 huruf' ini mencapai 200 milyar dolar per tahun! wow!

Usut punya usut, ternyata stress kerja ini memang memiliki dampak luar biasa. Bayangkan saja, anda merasa diri anda gagal dalam pekerjaan, banyak tugas yang menumpuk, lalu siap-siap saja menerima serangkaian dampak mulai dari menurunnya produktifitas, ketidakhadiran, dan yang paling membuat perusahaan berang, asuransi kesehatan karena anda harus menjalani rawat inap atas maag, darah tinggi, bahkan penyakit jantung yang semuanya berasal dari satu muara : s-t-r-e-s-s.

Jadi, untuk memperingan rangkaian menyebalkan diatas, saya memiliki beberapa kiat yang mungkin bisa jadi pertimbangan pembaca sekalian. Yang perlu anda pahami, stress akibat kerja itu sendiri sebagian besar berasal dari tekanan dan tuntutan pekerjaan, jadi :

1.Pupuklah rasa percaya diri anda. Caranya? Kembangkan potensi anda dengan mengikuti kursus-kursus atau membaca berbagai buku. Semakin anda merasa 'berat ilmu', semakin percaya diri anda nantinya!

2.Berasumsilah. Anda tidak memerlukan hipnotis untuk mempengaruhi alam bawah sadar anda. Anda tinggal mengubah mindset anda untuk melakukannya. Sadarilah apa yang tengah anda takutkan, dan yakinlah anda PASTI BISA menemukan jalan keluar untuk mengatasinya.

3.Sadari penuh situasi kerja anda. Jika anda sudah menguasai dan menyadari sebanyak mungkin sisi pekerjaan anda, percayalah semuanya akan terasa lebih mudah. Gunakan pendekatan perlahan namun pasti, dan alihkan perhatian jika anda merasa semuanya mulai tak terkontrol lagi.

4.Batasi impian anda! Sudah bukan jamannya anda menganut paham 'gantunglah cita-citamu setinggi langit'. Jika anda melakukan segala cara dan gila karena ingin hasil yang luar biasa, anda harus selalu ingat bahwa sebagai manusia, anda hanya dapat mengontrol USAHA anda dalam meraihnya. HASIL adalah sesuatu yang diluar kontrol anda, HASIL adalah putusan Yang Diatas.

5.Bersantailah untuk sementara waktu. Bersenang-senang adalah cara menghabiskan uang yang jauh lebih baik daripada menyetorkannya ke rekening RS terdekat. Habiskan waktu luang anda bersama orang-orang tercinta, manjakan diri anda, dan beri waktu untuk mengistirahatkan syaraf yang tegang di kantor. Jika waktu untuk ini terbatas, cobalah cara yang sederhana seperti tertawa, meditasi, shalat, mandi tanpa terburu-buru, hingga senam ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar